Comments

Monday 5 April 2010

Taman Bacaan Masyarakat

Taman Bacaan Masyarakat atau diseingkat TBM adalah merupakan fasilitas perpustakaan di desa-desa sehingga disebut juga Perpustakaan Desa, namun sebagian orang untuk TBM ini disebut Taman Bacaan Anak seperti TBA nya Bunda Yessy Gusman yang telah cukup terkenal itu, karena diperuntukkan bagi anak-anak dan YPKGM sendiri menamainya sebagai Perpustakaan Anak.

Sejak tahun 2006 YPKGM telah membangun 5 Taman Bacaan tingkat Gampong atas bantuan BRR Aceh - Nias namun jumlah seluruhnya yang dibangun BRR Aceh-Nias adalah 42 Taman bacaan Tingkat Gampong, namun dari hasil pantauan terakhir kelihatannya hanya Taman bacaan tingkat Gampong binaan YPKGM saja yang masih berjalan walaupun sebagian kecil berjalan ditempat sementara yang lainnya sebagian besar tidak ada kabar berita bahkan ada yang telah beralih fungsi.

Sangat disayangkan memang, namun ketiadaan dana dan tidak adanya dukungan pemerintahan daerah serta ketidakpedulian aparat desa juga menjadi faktor utama tidak berjalannya lagi Taman Bacaan ini.

Tetapi ini bukan kesalahan pemerintahan daerah saja, tidak profesionalnya pengelola perpustakaan juga menjadi faktor penyebab disamping kurangnya koordinasi serta kerjasama antar perpustakaan.

0 komentar:

Post a Comment

SHARETHIS

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg